Friday 30 January 2009

Anak terlalu gemuk atau kurus?

Dewasa ini di majalah maupun televisi memberikan pengaruh sangat besar terhadap wanita bahkan anak- anak sehingga image bahwa “ Kurus itu indah dan gemuk itu Jelek” merupakan hal yang lazim.Lihatlah iklan-iklan, para model yang dikatakan cantik selalu langsing. So,lebih baik anda mulai membantu mengembangkan image tubuh yang positif bagi anak usia preschool /TK.

Cara terbaik mulailah dari Ibu.Jika anda selalu diet dan mengeluh tentang berat badan anda , anak anda akan fokus juga mengenai masalah berat badan bahkan bisa saja mereka akan memberikan komentar pada penampilan orang lain.Tidak ingin anak anda jadi suka mencela penampilan orang kan? Buatlah aturan dan berikan penjelasan dari hati ke hati : Jangan berkomentar mengenai penampilan orang lain.Manusia tercipta dengan berbagai rupa dan ukurannya yang masing-masing merupakan keunikan dari Tuhan.
Jika anda kuatir terhadap berat badan anak anda, tanyakan pada dokter yang akan memeriksa sesuai standar kesehatan dan perkembangan anak.Lihatlah pada BMI (body mass index), yaitu angka yang menunjukkan hubungan antara berat dan tinggi badan. BMI bisa menjadi indikator apakah anak anda tergolong chubby, kurus, atau sedang-sedang saja.So, jangan malu-malu berkonsultasi pada ahlinya..



Jika si kecil cenderung untuk berpola makan yang kurang sehat dan cenderung chubby misalnya hobi makan junk food, aturlah sebuah lingkungan yang membantunya untuk hidup sehat. Jika dia cenderung ngemil sewaktu nonton TV atau bermain game di computer, batasi waktu menonton TV dan computer. Sebagai awal yang, sementara keluarkanlah TV dari kamar anak. Rencanakan kegiatan keluarga di luar rumah seperti outing/outbound.Kegiatan di alam dan olah raga membuat anak-anak lebih mengapresiasi bagaimana hebatnya kemampuan tubuh mereka daripada tampilannya. Jangan lupa sediakan makanan sehat di meja dan pastikan stock snack bergizi di dapur anda selalu ada. Hindari menyediakan minuman bersoda.
Membangun kepercayaan diri merupakan salah satu cara melawan image diri yang negatif. Berikan penghargaan pada si kecil. Ajaklah ia memilih foto dalam pose yang ia sukai dan pasanglah foto-fotonya di dinding rumah dan ruangan kerja. Yang terpenting jangan mencela penampilannya.Satu celaan akan merusak beribu pujian dan akan dikenangnya sepanjang hidup.



No comments:

Post a Comment