Sunday 18 January 2009

I hate Monday….

Sebagai ibu dari anak umur 4 ¾ tahun saya mulai menemui kesulitan ketika waktunya mulai masuk sekolah setelah libur panjang natal & tahun baru 2008 (plus saya tambahin sendiri libur 1 minggu sebelumnya karena ke luar kota menjemput uti & kakung yang pulang haji). Pagi itu saya kira biasa saja, Sika akan bangun dengan ceria dan berangkat sekolah dengan gembira paling juga rewel sedikit seperti kalau hari Senin pagi.Ternyata oh ternyata pagi itu dia betul – betul mogok sekolah berbagai alasan meluncur dari mulut mungilnya (eh tapi dia memang jago beralasan, maklum tipe sanguinis).

Apa yang bisa kita lakukan jika jadwal rutin bedtimes and happy sleep yang telah anda terapkan dan selama hari Senin-Jumat berjalan dengan lancar dan hancur berantakan saat weekend tiba? Ini problem yang biasa terjadi saat kita lalai mengatur jadwal liburan akhir pekan dan mulailah kita kembali di hari Senin dengan kesulitan membangunkan si kecil yang berubah jadi juara tidur plus dia jadi malas ke sekolah.

Kabar baiknya, kebiasaan buruk ini bisa diatasi dengan cepat seiring perkembangannya.Kuncinya, kita harus konsisten dengan cepat kembali ke rutinitas. Jika anak kita selama liburan jadwal tidurnya jadi kacau, cobalah saat akhir pekan kita ajak dia tidur lebih awal.Contohnya kalau biasanya weekend dia akan tidur pada jam 11 malam maka kita coba ajak tidur pada jam 9 malam (asumsinya kalau hari biasa si kecil tidur jam 8 malam). Jika problemnya tidur larut malam dan bangun kesiangan,cepat kembalikan ke tujuan jadwal yang rutin pada masa sekolah.Mungkin anak kita jadi agak rewel awalnya , tapi jangan biarkan dia bangun tidur saat tengah hari.Tujuan kita adalah mengembalikan dia ke jadwal yang seharusnya.

Singkatnya, lebih mudah untuk mengendalikan si kecil jika kita menerapkan waktu tidur secara disiplin karena jika tidak disiplin maka akan terjadi kekacauan saat weekend. Lebih bagus lagi kalau kita bisa menerapkan saat tidur yang sama pada saat akhir pekan dan saat masa sekolah.

Hal yang sama berlaku pada kebiasaan tidur. Jika misalnya anda tak ingin dia tidur di kamar anda, jangan melunak pada saat weekend. Lebih baik jangan memulai kebiasaan yang tidak anda inginkan seawal mungkin. Kecuali jika keadaan memaksa seperti si kecil sakit atau kedatangan tamu sehingga dia harus mengungsi ke kamar anda karena kamarnya menjadi kamar tamu.

No comments:

Post a Comment