Tuesday 27 January 2009

Bagaimana supaya pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) disetujui? Bag.II


Capital

Untuk menunjukkan ‘modal’ anda, yang dianalisa antara lain adalah


- Harta yang dimiliki (aset-aset anda)

- Saldo rekening, untuk menunjukkan kemampuan mengangsur, di sini akan terlihat gaji anda per bulan atau pemasukan anda dan juga pengeluarannya.Jadi anda tidak bisa berbohong untuk mengatakan jumlah saving anda sekian padahal di saldo rekening tidak terlihat.Kalau misalnya anda investasi lainnya tentu bisa dijelaskan pada pihak bank supaya mereka tahu, tentu saja dilengkapi dengan bukti yang mendukung (misal berikan foto copy sertifikatnya kalau anda invest di properti)


Tips : rata-rata bank akan meminta foto copy rekening anda selama 3 bulan (yang konservatif akan meminta selama 1 tahun), maka pastikan jagalah saldo rekening anda selama 3 bulan tersebut supaya terlihat cukup baik.Karena jika tidak terlihat ada saving tiap bulan, tentu bank akan ragu-ragu dengan kemampuan membayar cicilan anda.

- Uang muka. Rata-rata bank mensyaratkan uang muka (DP) sebesar 30% tetapi ada juga yang bekerjasama dengan developer sehingga bisa DP 10-20%. Bagi bank makin besar uang muka tentu akan memperkecil resiko macet.


Condition

Untuk menganalisa kondisi calon debitur , antara lain :


- Berapa lama jangka waktu kredit

- Tujuan pemakaian untuk rumah tinggal, ruko, dll

Debitur pengusaha : bagaimana reputasi perusahaan, apakah rentan terhadap perubahan? (kurs, kebijakan pemerintah)

Debitur karyawan :

- bagaimana kondisi dan reputasi perusahaan?

- Posisi/jabatan, apa tugasnya, berapa jumlah staffnya


Collateral

Untuk menganalisa jaminan anda, antara lain :

- SCR (Security Coverage Ratio) yaitu perbandingan max reliance nilai jaminan(biasanya 70% nilai jaminan) dibanding hutang, idealnya di atas 100%

- Lokasi agunan (apakah cukup marketable). Pihak bank akan meninjau dan menilai sendiri agunan anda, biasanya nilainya lebih kecil dari harga pasaran.Pastikan agunan anda cukup layak, karena beberapa bank mempunyai aturan dengan memberikan harga yang lebih rendah atau bahkan tidak disetujui jika : tidak bisa dilewati 2 mobil, tusuk sate, berdekatan dengan tempat ibadah, tidak ada IMB.Pastikan sertifikat anda asli dan tidak dalam sengketa.

No comments:

Post a Comment