Tuesday 20 January 2009

Bagaimana jika si kecil jadi pengadu?

Si kecil sedikit – sedikit mengadu tentang kenakalan si a atau si B – atau bahkan tanpa malu-malu langsung mencela si pelaku.Apa yang harus kita lakukan?
Apa yang mereka lakukan seringkali untuk mencari perhatian atau membuat mereka terlihat baik di mata orang dewasa. Mungkin bagi mereka hal tsb oke- oke saja tapi mereka tidak tahu betapa menyebalkannya hal itu bagi mereka yang terlibat.

Untuk mengendalikan agar si kecil tidak dicap jadi si pengadu kita harus memberikan pengertian padanya.Kemudian buatlah kesepakatan bahwa anda hanya ingin mendengar pengaduan jika temannya berbuat yang benar – benar membahayakan. Pada kenyataannya si usia 4 th masih sulit membedakan yang mana yang berbahaya dan mana yang biasa saja. Jadi jika dia tetap mengadukan temannya dengan alasan untuk melindungi temannya yang lain (padahal menurut anda sih tidak membahayakan), tetap peluklah dia dan berikan pujian. Bersabarlah..

Jangan mencelanya, karena menurut pandangan si kecil mungkin berbeda dengan standar anda karena di usia ini dia belum bisa menghandle segalanya sendiri .Jadi bantulah ia, bicarakan baik- baik carilah solusi bersama, dan secara bertahap biarkan ia mencoba menyelesaikan sendiri.
Jangan lupa bekerjasamalah dengan guru di sekolah.

No comments:

Post a Comment