Sunday 18 January 2009

Hati – hati Nonton Sinetron…


Si usia 4 tahun suka menyanyi , bercerita dan bermain tebak-tebakan.Mereka sangat suka bertanya bahkan terkadang sulit sekali menyetopnya kalau mereka belum puas. Untuk berbicara biasanya sudah tidak ada problem, yang jadi masalah adalah mendengarkan.
Untuk mendapatkan perhatian anda, mereka memotong percakapan dan terus saja nyerocos walaupun anda tidak mendengarkan atau meresponnya.Dia tidak perduli walaupun ada tamu.

Si usia 4 tahun belum terlalu mahir dalam sopan santun percakapan karena bagian otaknya yang mengatur self control belum sempurna.Seringkali anak kita menginterupsi karena dia merasa akan lupa jika dia tidak segera mengatakannya.Jika ingin mengendalikannya , inilah waktunya mengajarkan tentang etiket percakapan.

Beritahu si kecil bahwa menyela pembicaraan itu kurang sopan seperti dia juga tidak perduli menarik-narik tangan kita atau meminta sesuatu walau kita sedang menerima telpon. Si kecil harus menunggu gilirannya seperti yang dia lakukan saat bermain dengan temannya.Jika dia harus mengatakan sesuatu tunggulah saat jeda dan katakan “maaf…” Pujilah dia saat dia melakukannya atau jika dia menunggu kita meletakkan telpon, baru dia boleh bertanya atau meminta sesuatu.

Hati-hati jika orang tua menyetel berita atau sinetron di TV atau mendengarkan radio karena anak kita adalah tape recorder super canggih, mata dan telinganya bisa merekam dengan memori yang sulit dihapus.

Meski saya tidak rutin mengikuti, sambil mengerjakan pekerjaan sehari-hari yang tak ada habisnya biasa saya setel acara di TV (padahal acaranya sih sinetron ABG yang tayang jam 18.00).

Anak saya kelihatannya sih cuek-cuek saja tapi alangkah kagetnya saya setelah acara tsb tiba-tiba dia menanyakan apakah artinya “cerai” atau “pembunuhan”. Aduh, ga kebayang di kepala saya jika berita yang seram-seram seperti kerusuhan atau kebakaran menyebabkan mimpi buruk bagi si kecil.Belum lagi stereotip di sinetron kita yang namanya penculik atau preman pasti pakai jaket kulit plus kaca mata hitam.sampai sekarang anak saya kalo lihat ayahnya pakai jaket kulit dia berkomentar ”Ih ayah kok penampilannya kayak mas preman...”

Tips : tontonlah acara kategori dewasa di saat anak sudah tidur atau jika memungkinkan nontonlah dari ruangan lain atau dari computer anda sehingga dia tidak bisa melihatnya/mendengarnya.

No comments:

Post a Comment