Sunday 28 October 2012

Mengelola Keuangan Keluarga


Currency power Free Stock Image
www.dreamstime.com

Mengalami gaji 5 koma ? Maksudnya kalo sudah tanggal 5 gaji sudah habis padahal sampai tanggal gajian berikutnya masih jauh...
Beberapa cara  untuk mengelola keuangan secara sederhana adalah 

1.    Pahami portfolio keuangan keluarga Anda. Jangan sampai Anda tak tahu isi tabungan, jumlah tagihan listrik, telepon, servis mobil, belanja, biaya periksa dokter dan lainnya. Anda harus tahu berapa hutang kartu kredit, pinjaman bank atau cicilan rumah dan mobil.

2.    Susun rencana keuangan atau anggaran. 
Buat daftar pengeluaran tetap (cicilan hutang,tagihan,SPP anak dll) masukkan juga anggaran untuk akhir pekan keluarga dan keperluan lain dengan anggaran yang realistis (salon, baju..).Dengan membuat anggaran akan terlihat pos pos yang ingin atau butuh atau harus...
4.    Hindari hutang konsumtif. Hutang boleh saja tapi harus yang sifatnya produktif atau untuk investasi.Ingat pemakaian credit card hanya untuk pengganti uang tunai bukan untuk cicilan konsumtif..

5.    Tetapkan tujuan atau cita-cita finansial. Susun target keuangan yang ingin Anda raih secara berkala, bersama pasangan. Tetapkan tujuan spesifik, realistis, terukur dan dalam kurun waktu tertentu. Tujuan ini membantu Anda lebih fokus merancang keuangan. 

6.    Menabung. Segera setelah menerima gaji, sisihkan untuk tabungan dalam jumlah yang sesuai , buat rekening terpisah untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari.

7.    Berinvestasilah! Nilai uang terus turun maka carilah bentuk investasi yang tepat , jangan hanya 1 macam untuk mengurangi resiko.Konsultasikan dengan pihak yang sudah berpengalaman

8.  Bicarakan keuangan  dengan pasangan secara baik-baik, yakinkan anda berdua punya visi yang sama jangan sampai salah 1 hemat habis-habisan dan yang lain belanja terus dengan credit card..

Insya Allah dengan pengelolaan yang benar rejeki berapapun akan menjadi berkah untuk keluarga kita..

No comments:

Post a Comment