Sunday 4 November 2012

GOUT/ASAM URAT



Gout/asam urat  adalah jenis arthritis/rematik  yang terjadi ketika asam urat menumpuk dalam darah dan menyebabkan peradangan sendi.

Gout akut adalah suatu kondisi menyakitkan yang biasanya mempengaruhi satu sendi.
 Gout kronis terjadi jika rasa sakit dan peradangan terjadi secara berulang, yang dapat melibatkan lebih dari satu sendi.

Penyebab, kejadian, dan faktor risiko


Gout disebabkan oleh kandungan  asam urat yang lebih tinggi dari kadar normal dalam tubuh Anda. 
Yang dimaksud dengan asam urat adalah kristal-kristal yang terbentuk sebagai hasil metabolisme zat purin (bentuk turunan dari nukleoprotein). Purin merupakan salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel semua makhluk hidup. Purin terdapat dalam tubuh kita, terdapat juga pada makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan (daging, jeroan, sayur, buah, kacang, dsb.). Selain itu, purin juga bisa dihasilkan dari perusakan sel-sel tubuh yang terjadi baik secara normal ataupun karena penyakit tertentu.

Zat Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan berupa feses/urine . Jika asam urat terlalu banyak menumpuk dalam cairan di sekitar sendi (cairan sinovial), kristal asam urat terbentuk. Kristal ini menyebabkan sendi membengkak dan meradang.

Makanan yang kita konsumsi akan diolah oleh tubuh, melalui proses metabolisme dan menghasilkan asam urat. Jadi setiap orang punya kadar asam urat dalam tubuh. Tubuh manusia sudah menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan sehari-hari, yang berarti kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15%.

Hal ini dapat terjadi jika:
- Tubuh Anda menghasilkan purin terlalu banyak
-Tubuh Anda  sulit membuang  purin yang berlebih

Sebenarnya hal ini lebih sering terjadi pada pria (kadar purin pada pria lebih tinggi), pada wanita setelah menopause, dan mereka yang minum alkohol. Orang yang mengonsumsi  obat-obatan tertentu, seperti pil hidroklorotiazid , mungkin memiliki tingkat  asam urat dalam darah yang lebih tinggi. Namun saat ini banyak juga wanita dan orang muda di bawah 40 tahun juga terkena penyakit ini.

Kondisi ini juga dapat terjadi pada penderita :
  •     Diabetes
  •     Penyakit ginjal
  •     Kegemukan
  •     Anemia
  •     Leukemia dan kanker darah lainnya
Kondisi ini dapat terjadi karena mengonsumsi obat-obatan yang mengganggu pembuangan asam urat dari tubuh.

Gejala


Gejala gout akut:
Gejala biasanya hanya melibatkan satu atau beberapa sendi. Jempol kaki, lutut, atau sendi pergelangan kaki yang paling sering terkena.
Rasa sakit muncul tiba-tiba, sering pada malam hari dan sering digambarkan sebagai berdenyut, dan menyiksa atau sulit untuk digerakkan.
Bisa juga hangat dan kulit sendi merah, dan jika disentuh sedikit saja terasa sakit.
Mungkin ada demam.
Serangan itu mungkin hilang dalam beberapa hari, tetapi bisa kembali dari waktu ke waktu. Serangan susulan  sering berlangsung lebih lama.

Beberapa penderita dapat berlanjut menjadi  gout kronis. Bagi penderita arthritis kronis bisa berlanjut pada  kerusakan sendi dan hilangnya gerak pada sendi.

Pada kasus yang kronis dapat ditemukan adanya benjolan yang merupakan hasil tumpukan berupa kapur di lapisan kulit di sekitar sendi atau di tempat lain .Tumpukan itu dapat memberikan pertanda bahwa tubuh kita telah mengalami pengendapan kristal asam urat. Biasanya, seringkali tophi ditemukan pada sendi-sendi yang terdapat di lutut, tumit, siku-siku dan beberapa tempat lainnya. 

Tophi biasanya terjadi  hanya setelah pasien memiliki penyakit selama bertahun-tahun.

Tes

Tidak semua orang dengan kadar asam urat tinggi dalam darah memiliki gout.Karena itu perlu dilakukan cek darah di lab. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl.

Pengobatan


Obat-obatan harus  dilakukan  sesegera mungkin jika Anda memiliki serangan gout mendadak, segera berobatlah ke dokter  ...
Obat-obatan yang akan diberikan mungkin tergolong nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) seperti ibuprofen, naproxen, atau indometasin ketika gejala pertama dialami. Bicarakan dengan dokter anda tentang dosis yang benar. Anda akan membutuhkan dosis yang lebih kuat selama beberapa hari.
 Dokter mungkin meresepkan obat penghilang rasa sakit yang kuat seperti kodein, xanax, dan oxycodone.Resep  colchicine juga membantu mengurangi rasa sakit, bengkak, dan peradangan.
Untuk mengurangi kadar penurunan asam urat dalam darah  juga dipakai allopurinol atau probenesid.

Untuk pertolongan pertama minumlah kapsul minyak jinten(habatussauda) sebanyak 2 bh, bengkak dan sakit akan berkurang.

Dokter akan  meresepkan obat-obatan jika:
  •     Anda memiliki beberapa serangan pada tahun yang sama atau serangan Anda yang cukup parah
  •     Anda memiliki kerusakan sendi
  •     Anda memiliki tophi
  •     Anda memiliki batu asam urat ginjal

Pencegahan

  •       Hindari alkohol
  •     Diet rendah purin dengan mengurangi kadar purin pada makanan  yang anda makan, terutama ikan teri, sarden, minyak, ikan, jerohan (hati, ginjal, dan roti manis), kacang-kacangan (kacang kering dan kacang polong), jamur, bayam, asparagus, kembang kol, ragi.
  •    Batasi berapa banyak daging yang Anda makan setiap kali makan.
  •    Hindari makanan berlemak, seperti salad dressing, es krim, dan makanan yang digoreng.
  •    Makanlah karbohidrat yang cukup.
 
Untuk mengingatnya ingatlah BENJOL (Bayam,Emping,Jerohan,Otak,Lemak).

Jika Anda diet berat badan, lakukan perlahan-lahan. Perubahan berat badan yang terlalu cepat dapat menyebabkan batu ginjal asam urat terbentuk.


Sumber :berbagai artikel kesehatan


No comments:

Post a Comment